-->

Daftar Nilai SD Kelas 1 Semester 1 Kurikulum 2013

Sampul / Cover Daftar Nilai SD Kelas 1 Kurikulum 2013, https://gurujumi.blogspot.com/


Daftar Nilai SD Kelas 1 Semester 1 Kurikulum 2013 yang dapat Bapak Ibu pergunakan dalam melaksanakan evaluasi atau penilaian terhadap peserta didik. Profesi seorang guru banyak tuntutan sesuai dengan keadaan kebutuhan pendidikan yang bermutu.

Salah satu kompetensi yang harus dikuasai guru adalah evaluasi pembelajaran. Kompetensi ini sejalan dengan tugas dan tanggung jawab guru dalam pembelajaran, yaitu mengevaluasi pembelajaran termasuk di dalamnya melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar. Kompetensi tersebut sejalan pula dengan instrumen penilaian kemampuan guru, yang salah satu indikatornyaa adalah melakukan evaluasi pembelajaran.

Dalam proses evaluasi pembelajaran eproses dan  hasil belajar, guru sering menggunakan instrumen tertentu, baik tes ataupun non tes. Instrumen ini mempunyai fungsi dan peran yang sangat penting dalam rangka mengetahui keefektifan proses pembelajaran di sekolah. Mengingat begitu pentingnya instrumen dalam kegiatan evaluasi pembelajaran, maka suatu instrument harus memiliki syarat- syarat tertent sekaligus menunjukan karakteristik instrumen. Pada makalah ini akan dibahas mengenai model- model evaluasi, pendekatan evaluasi, dan Penilaian dalam Kurikulum 2013.
Penilaian pendidikan sebagai proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik mencakup penilaian otentik, penilaian diri, penilaian berbasis portofolio, ulangan, ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan akhir semester yang diuraikan sebagai berikut.
  1. Penilaian otentik merupakan penilaian yang dilakukan secara komprehensif untuk menilai aspek sikap, pengetahuan, keterampilan mulai dari masukan (input), proses, sampai keluaran (output) pembelajaran. Penilaian otentik bersifat alami, apa adanya, tidak dalam suasana tertekan.
  2. Penilaian diri merupakan penilaian yang dilakukan sendiri oleh peserta didik secara reflektif untuk membandingkan posisi relatifnya dengan kriteria yang telah ditetapkan.
  3. Penilaian berbasis portofolio merupakan penilaian yang dilaksanakan untuk menilai keseluruhan entitas proses belajar peserta didik termasuk penugasan perseorangan dan/atau kelompok di dalam dan/atau di luar kelas dalam kurun waktu tertentu.
  4. Ulangan merupakan proses yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik secara berkelanjutan dalam proses pembelajaran, untuk memantau kemajuan dan perbaikan hasil belajar peserta didik.
  5. Ulangan harian merupakan kegiatan yang dilakukan secara periodik untuk menilai kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan satu sub-tema. Ulangan harian terintegrasi dengan proses pembelajaran lebih untuk mengukur aspek pengetahuan, dalam bentuk tes tulis, tes lisan, dan penugasan.
  6. Ulangan tengah semester merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan 8-9 minggu kegiatan pembelajaran.
  7. Ulangan akhir semester merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester.
Admin sekarang akan membagikan format penilaian atau format Daftar Nilai Kelas 1 Semester 1 SD Kurikulum 2013.
Sampul / Cover Daftar Nilai SD Kelas 1 Kurikulum 2013
Daftar Nilai Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 1 Diriku
Daftar Nilai Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 1 Diriku, https://gurujumi.blogspot.com/

Daftar Nilai Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 2 Kegemaranku
Daftar Nilai Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 2 Kegemaranku, https://gurujumi.blogspot.com/
Daftar Nilai Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 3 Kegiatanku
Daftar Nilai Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 3 Kegiatanku, https://gurujumi.blogspot.com/

Daftar Nilai Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 4 Keluargaku

Daftar Nilai Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 4 Keluargaku, https://gurujumi.blogspot.com/

Daftar Nilai Kurikulum 2013 Kelas 1 SD NTPS (Nilai Penilaian Tengah Semester)

NTPS (Nilai Penilaian Tengah Semester), https://gurujumi.blogspot.com/

Daftar Nilai Kurikulum 2013 Kelas 1 SD NPAS (Nilai Penilaian Akhir Semester)

NPAS (Nilai Penilaian Akhir Semester), https://gurujumi.blogspot.com/

Penilaian Portofolio

Penilaian Portofolio, https://gurujumi.blogspot.com/

Format Penilaian ini merupakan Daftar Nilai yang dapat dipergunakan oleh semua guru yang sekolahnya memberlakukan Kurikulum 2013, karena terdiri dari beberapa tema yaitu tema yang terdapat di Sekolah Dasar Kelas 1 Semester 1 yakni Tema 1, 2, 3, 4. Yang didalamnya ada Nilai Harian Pengetahuan dan Nilai Harian Keterampilan untuk setiap mata pelajaran.
Selengkapnya terkait dengan Daftar Nilai SD Kelas 1 Semester 1 ada pada file yang tersimpan dalam google drive pada tautan beerikut ini.

Silahkan download dibawah ini :
Demikianlah informasi yang kami bagikan. 
Semoga dapat membantu sedikit untuk meringankan pekerjaan Bapak Ibu yang begitu banyak garapan yang harus dilaksanakan.
Sekian dan terima kasih.

0 Response to "Daftar Nilai SD Kelas 1 Semester 1 Kurikulum 2013"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga :
loading...