-->

Aplikasi Perangkat Pembelajaran Penilaian Harian, PTS dan PAS K13 Untuk SD/MI

Aplikasi Perangkat Pembelajaran Penilaian Harian, PTS dan PAS K13 Untuk SD/MI - Pada Kesempatan kali ini kami ingin berbagi sebuah aplikasi untuk penilaian seperti PTS dan PAS. Kurikulum 2013 ini telah mulai dipergunakan di sekolah-sekolah sebagai pengganti dari Kurikulum KTSP yang telah digunakan sejak tahun 2006/2007.

Selang waktu, pergantian kurikulum ini adalah hal biasa dalam dunia pendidikan sebagai penyesuaian terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan tehnologi. Jika tidak disesuaikan, maka pendidikan kita akan tertinggal jauh dari negara lain.

Dan salah satu aspek penting dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di sekolah adalah penilaian. Iya secara sederhana penilaian dapat didefinisikan sebagai proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Penilaian juga berfungsi sebagai timbal balik bagi guru untuk mengukur sejauh mana strategi dan pendekatan yang digunakan efektif dan dapat membantu siswa memahami materi pelajaran.

Dalam hal Kurikulum 2013 digunakan beberapa tehnik penilaian antara lain penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan.

Penilaian sikap tergolong  menjadi dua penilaian yaitu penilaian sikap sosial dan penilain sikap spiritual. Penilaian pengetahuan juga dapat dilakukan melalui tes tertulis, tes lisan dan tes penugasan. Sedangkan untuk penilaian keterampilan  dapat dilakukan dengan cara penilaian kinerja , penilaian proyek dan penilaian fortofolio.

Berdasarkan waktu pelaksanaannya, penilaian dibagi menjadi 3 bagian yaitu Penilain Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester(PAS)/Penilaian Akhir Tahun (PAT). 
Selanjutnya, berdasarkan pengalaman di lapangan, pelaksanaan penilaian kurikulum 2013 terasa lebih maksimal dan banyak menyita waktu jika dibandingkan dengan penilaian pada kurikulum KTSP.

Penilaian kurikum 2013 menjadi kurang optimal dikarenakan penilaian terlalu rumit. Hal seperti  ini  bisa dimaklumi karena pelaksanaan kurikulum 2013 masih dalam proses di sekolah-sekolah.

Menimbang dan mengingat kepada aspek di atas kami mencoba mengembangkan aplikasi penilaian harian untuk memudahkan guru dalam pelaksanaan penilaian. 

Penyusunan aplikasi ini berpedoman kepada Buku Panduan Penilaian Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah yang dikeluarkan oleh Dirjen Dikdasmen Kemdikbud RI.

Aplikasi ini dapat digunakan secara langsung di laptop kalian dan alangkah lebih baiknya lagi jika format penilaiannya di print out sehingga guru bisa mengisi nilai secara manual  supaya tidak rumir dalam pengerjaannya. 

Oke langsung saja
Silahkan download melalui link di bawah :

0 Response to "Aplikasi Perangkat Pembelajaran Penilaian Harian, PTS dan PAS K13 Untuk SD/MI "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Baca Juga :
loading...